Menulis empat Paragraf

Menulis Empat Paragraf diawali dengan paragraf pertama yang berisi pembukaan tulisan, salam apa kabar, pemecah dan pengantar kalimat sebelum menginjak paragraf kedua, ketiga dan keempat. Paragraf pertama bisa berisi beberapa kalimat yang mengalir santai di dalam benak Anda.

usai dengan paragraf pertama, pada paragraf kedua Anda bisa mulai memaparkan hal-hal yang cukup teknis atau berupa pertanyaan-pertanyaan teknis menyangkut pokok bahasan yang Anda sampaikan. Seperti dengan bertanya mengapa ada paragraf yang berisi pertanyaan-pertanyaan ? bagaimana cara mendesain pertanyaan yang efektif ? dan sebagainya dengan menggabungkan kata tanya lain seperti dimana kapan, bagaimana, berapa lama , dan lain-lain.

Paragraf ketiga bisa diisi dengan kalimat yang merupakan jawabn-jawaban dari pertanyaan di paragraf kedua. contohnya desain pertanyaan tersebut merupakan cara atau urutan yang saya gunakan untuk memancing kraetifitas dalam menulis suatu topik bahasan. Banyaknya kata tanya bergantung pada seberapa dalam kita ingin membahas suatu topik bahasan. Jawaban yang ada bisa singkat , sederhana atau panjang dalam sebuah uraian ilmiah dengan metode tertentu.

pada paragraf keempat, paragarf ini dapat diisikan kalimat kesimpulan dan arahan, apa yang bisa dilakukan pembaca denagn mengetahui suatu pemaparan solusi yang kita tawarkan pada paragraf ketiga. Arahan tersebut bisa sebuah ide baru atau hal-hal yang sudah ada yang bisa kita kaitkan dengan topik yng kita bahas. Arahan dari seorang tokoh yang sangat kompeten di bidang tersebut.

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di BUKU dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menulis empat Paragraf

  1. Edi Psw berkata:

    Waaah, ini tips menulis artikel yach..?

    Suka

Tinggalkan komentar